5 Fungsi Rangka Tubuh Manusia, Ini Penjelasannya

Rangka tubuh manusia adalah struktur yang terdiri dari tulang, sendi, dan otot yang membentuk kerangka atau kerangka manusia. Rangka tubuh manusia memiliki berbagai fungsi yang penting bagi kehidupan manusia. Fungsi rangka tubuh manusia adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Rangka Tubuh sebagai Penopang Tubuh

Rangka tubuh manusia berfungsi sebagai penopang tubuh yang memberikan bentuk dan postur tubuh manusia. Rangka tubuh manusia juga berfungsi sebagai tempat melekatnya otot-otot yang membantu gerakan tubuh manusia.

2. Fungsi Rangka Tubuh sebagai Pelindung Organ Vital

Rangka tubuh manusia berfungsi sebagai pelindung organ vital yang terletak di dalam tubuh manusia. Rangka tubuh manusia melindungi organ vital seperti otak, sumsum tulang belakang, jantung, paru-paru, hati, ginjal, dan lain-lain dari benturan, tekanan, atau cedera.

3. Fungsi Rangka Tubuh sebagai Penghasil Sel Darah

Rangka tubuh manusia berfungsi sebagai penghasil sel darah yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Rangka tubuh manusia menghasilkan sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit di dalam sumsum tulang. Sel darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen dan karbon dioksida. Sel darah putih berfungsi untuk melawan infeksi dan penyakit. Trombosit berfungsi untuk membantu pembekuan darah.

4. Fungsi Rangka Tubuh sebagai Penyimpan Mineral

Rangka tubuh manusia berfungsi sebagai penyimpan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Rangka tubuh manusia menyimpan mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium, dan lain-lain di dalam tulang. Mineral-mineral ini berperan dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, gigi, otot, saraf, dan jantung.

5. Fungsi Rangka Tubuh sebagai Alat Gerak

Rangka tubuh manusia berfungsi sebagai alat gerak yang memungkinkan tubuh manusia untuk bergerak dengan bantuan otot dan sendi. Tubuh manusia memiliki lebih dari 200 tulang yang tersusun menjadi rangka aksial dan rangka apendikular. Rangka aksial terdiri dari tulang tengkorak, tulang belakang, dan tulang dada yang membentuk sumbu utama tubuh. Rangka apendikular terdiri dari tulang lengan atas, tulang lengan bawah, tulang tangan, tulang paha, tulang kaki bawah, dan tulang kaki yang membentuk anggota gerak.

Baca Juga : Mengenal Adaptasi Makhluk Hidup: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

 

Kesimpulannya, rangka tubuh manusia adalah struktur yang terdiri dari tulang, sendi, dan otot yang membentuk kerangka atau kerangka manusia. Rangka tubuh manusia memiliki lima fungsi utama, yaitu sebagai penopang tubuh, pelindung organ vital, penghasil sel darah, penyimpan mineral, dan alat gerak. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan dan kebersihan rangka tubuh kita agar dapat berfungsi dengan baik.

NEXT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *