Pesona Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu di Kaki Gunung Lawu

Pesona Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu di Kaki Gunung Lawu

Pesona Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu – Salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Jawa Tengah adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Air terjun ini terletak di lereng Gunung Lawu, sekitar 27 km dari Kota Karanganyar. Nama Grojogan Sewu berarti air terjun seribu, karena saking banyaknya air yang berjatuhan dari ketinggian sekitar 81 meter. Air terjun ini memiliki panorama yang indah dan eksotis, dikelilingi oleh hutan pinus dan berbagai flora dan fauna yang dilindungi.

Grojogan Sewu Tawangmangu adalah tempat wisata alam yang cocok untuk semua kalangan, baik keluarga, pasangan, maupun solo traveler. Tempat ini menawarkan pengalaman wisata yang menyenangkan dan mengesankan, dengan menggabungkan keindahan alam, petualangan, dan konservasi.

 

Jalur menuju lokasi

Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus melewati dua pintu masuk yang berbeda. Pintu masuk pertama berada di dekat Taman Balekambang, sedangkan pintu masuk kedua berada di dekat River Hill. Kedua pintu masuk ini memiliki keunikan dan tantangan masing-masing. Pintu masuk pertama menawarkan jalur tangga yang cukup panjang dan curam, sekitar 1000-1250 anak tangga. Pintu masuk kedua menawarkan jalur trekking yang lebih landai dan alami, tetapi lebih jauh dan melewati beberapa sungai kecil.

 

Beragam pemandangan air terjun

Di sepanjang perjalanan menuju air terjun, pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan yang asri dan sejuk. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan monyet ekor panjang yang sering muncul di sekitar jalur. Monyet-monyet ini biasanya ramah dan tidak mengganggu, tetapi tetap harus diwaspadai agar tidak mengambil barang bawaan pengunjung. Selain monyet, pengunjung juga bisa melihat tupai, burung, dan satwa lain yang hidup liar di hutan.

Sesampainya di lokasi air terjun, pengunjung akan merasakan kesegaran dan keindahan alam yang luar biasa. Air terjun Grojogan Sewu mengalir dengan deras dan membentuk kabut halus yang menyelimuti sekitarnya. Suara gemuruh air terjun juga memberikan efek menenangkan dan menyegarkan pikiran. Pengunjung bisa menikmati pemandangan air terjun dari beberapa sudut pandang, baik dari bawah, samping, maupun atas. Pengunjung juga bisa mandi atau bermain air di kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun, asalkan tetap menjaga kebersihan dan keselamatan.

 

Penginapan di sekitar Grojogan Sewu

Bagi pengunjung yang ingin menginap di sekitar lokasi, ada beberapa pilihan penginapan yang tersedia, mulai dari hotel, villa, hingga homestay. Selain itu, ada juga beberapa tempat wisata lain yang berdekatan dengan Grojogan Sewu, seperti Bukit Sekipan, Taman Balekambang, Candi Sukuh, Candi Cetho, dan lain-lain.

 

Baca juga: Pesona Telaga Sarangan Destinasi Wisata Alam yang Menawan di Magetan

 

NEXT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *