Mengenal Besi Kanal : Fungsi, Jenis, dan Cara Pemasangannya

Besi Kanal C

Mengenal Besi Kanal Arsitektur: Fungsi, Jenis, dan Cara Pemasangannya

Besi kanal adalah salah satu material yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Besi kanal memiliki bentuk seperti huruf U, C, atau L yang terbuat dari plat baja yang dipotong dan dibentuk dengan mesin. Memiliki keunggulan seperti kekuatan, kestabilan, fleksibilitas, dan efisiensi.

Namun, tidak semua besi kanal memiliki tampilan yang menarik dan sesuai dengan desain arsitektural bangunan. Oleh karena itu, ada jenis besi kanal khusus yang disebut besi kanal arsitektur. Besi kanal arsitektur adalah besi kanal yang memiliki bentuk, warna, atau tekstur yang menarik dan sesuai dengan desain arsitektural bangunan. Besi kanal arsitektur biasanya digunakan sebagai material finishing atau pelapis pada struktur beton bertulang, seperti pada dinding, lantai, plafon, kolom, balok, atau atap. Dapat memberikan kesan estetik, dinamis, dan artistik pada bangunan.

Lalu, apa saja fungsi, jenis, dan cara pemasangan besi kanal arsitektur? Berikut ini adalah penjelasannya:

Fungsi Besi Kanal Arsitektur

Besi kanal arsitektur memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  • Meningkatkan nilai estetika bangunan

Besi kanal arsitektur dapat memberikan variasi bentuk, warna, atau tekstur pada struktur beton bertulang yang biasanya monoton dan kaku. Dapat menciptakan pola-pola geometris, organik, atau abstrak yang menarik perhatian dan menyatu dengan desain arsitektural bangunan.

  • Meningkatkan kinerja struktur beton bertulang

Besi kanal arsitektur dapat meningkatkan kinerja struktur beton bertulang dalam hal kekuatan, kestabilan, ketahanan, dan fleksibilitas. Besi kanal arsitektur dapat menahan beban tarik, tekan, lentur, geser, atau torsi yang terjadi pada struktur beton bertulang. Juga dapat mengurangi retak-retak pada permukaan beton akibat pengaruh suhu, kelembaban, atau beban dinamis. Juga dapat beradaptasi dengan perubahan bentuk atau ukuran struktur beton bertulang tanpa merusak integritasnya.

  • Meningkatkan efisiensi material dan biaya

Besi kanal arsitektur dapat meningkatkan efisiensi material dan biaya dalam konstruksi bangunan. Besi kanal arsitektur dapat menghemat penggunaan material lain seperti cat, vernis,melamin, atau resin yang biasanya digunakan untuk melapisi struktur beton bertulang agar lebih indah dan tahan lama. Juga dapat menghemat biaya tenaga kerja dan waktu pengerjaan karena lebih mudah dipasang dan dirawat daripada material lain.

 

Jenis Besi Kanal Arsitektur

Besi kanal arsitektur memiliki beberapa jenis, antara lain:

  • Besi kanal U arsitektur

Besi kanal U arsitektur adalah besi kanal yang memiliki bentuk seperti huruf U dengan sayap atau flensa yang sejajar. Biasanya digunakan sebagai purlin atau balok penutup pada bagian atap, penopang dinding atau girts, atau truss dalam komponen rangka arsitektur. Memiliki variasi dimensi dari 60 mm hingga 200 mm.

  • Besi kanal C arsitektur

Besi kanal C arsitektur adalah besi kanal yang memiliki bentuk seperti huruf C dengan sayap atau flensa yang tidak sejajar. Besi kanal C arsitektur biasanya digunakan sebagai purlin atau balok penutup pada bagian atap, penopang dinding atau girts, atau truss dalam komponen rangka arsitektur. Memiliki variasi dimensi dari 60 mm hingga 200 mm.

  • Besi kanal L arsitektur

Besi kanal L arsitektur adalah besi kanal yang memiliki bentuk seperti huruf L dengan sudut 90 derajat. Besi kanal L arsitektur biasanya digunakan sebagai kosen pintu dan jendela, frame pintu dan jendela, pagar, atau bingkai komponen arsitektur lainnya. Bemiliki variasi dimensi dari 20 mm hingga 100 mm.

 

Cara Pemasangan Besi Kanal Arsitektur

Besi kanal arsitektur memerlukan cara pemasangan yang tepat agar sesuai dengan desain arsitektural bangunan. Berikut ini adalah beberapa langkah pemasangan besi kanal arsitektur:

  • Menyiapkan material dan alat

Anda harus menyiapkan material besi kanal arsitektur yang sesuai dengan jenis, ukuran, bentuk, warna, atau tekstur yang diinginkan. Juga harus menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk memotong, membentuk, mengelas, mengikat, atau memasang besi kanal arsitektur, seperti gergaji besi, tang potong, palu, obeng, bor, kunci pas, las listrik, kawat las, klem las, penggaris, meteran, pensil, waterpas, dll.

  • Mengukur dan menandai besi kanal arsitektur

Anda harus mengukur dan menandai besi kanal arsitektur sesuai dengan gambar detail yang disediakan oleh arsitek. Memastikan bahwa ukuran dan bentuk besi kanal arsitektur sesuai dengan struktur beton bertulang yang akan dilapisinya. Juga harus memastikan bahwa jarak, sudut, arah, atau pola besi kanal arsitektur sesuai dengan desain arsitektural bangunan.

  • Memotong dan membentuk besi kanal arsitektur

Anda harus memotong dan membentuk besi kanal arsitektur sesuai dengan tanda-tanda yang telah dibuat sebelumnya. Harus menggunakan alat potong yang tepat untuk memotong besi kanal arsitektur agar tidak merusak bentuk dan teksturnya. Juga harus menggunakan alat bengkok yang tepat untuk membentuk besi kanal arsitektur agar tidak merusak kekuatan dan stabilitasnya.

  • Mengelas dan mengikat besi kanal arsitektur

Anda harus mengelas dan mengikat besi kanal arsitektur sesuai dengan gambar detail yang disediakan oleh arsitek. Anda harus menggunakan klem las dan waterpas untuk mengelas dan mengikat besi kanal arsitektur agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan. Juga harus menggunakan kawat ikat atau baut untuk mengikat besi kanal arsitektur dengan struktur beton bertulang agar lebih kuat dan stabil.

Baca Juga : Tips Mengaplikasikan Material Kayu Arsitektur pada Interior dan Eksterior Rumah

  • Memasang dan merapikan besi kanal arsitektur

Anda harus memasang dan merapikan besi kanal arsitektur sesuai dengan gambar detail yang disediakan oleh arsitek. Anda harus menggunakan bor dan obeng untuk memasang besi kanal arsitektur pada struktur beton bertulang dengan cara mengebor lubang dan memasukkan baut atau sekrup. Juga harus menggunakan kain lap atau spons untuk membersihkan dan merapikan besi kanal arsitektur dari debu, kotoran, atau sisa las yang mungkin menempel.

NEXT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *