Fungsi Ruang Dalam Bangunan: Pengertian, Prinsip, dan Contohnya

Ruang adalah tempat dimana manusia melakukan berbagai aktivitas dan interaksi. Ruang juga dapat mencerminkan fungsi, karakter, dan identitas dari sebuah bangunan. Oleh karena itu, pemahaman tentang fungsi ruang dalam bangunan sangat diperlukan bagi para arsitek maupun pengguna bangunan.

Fungsi Ruangan Kamar Dalam Bangunan

Fungsi ruang dalam bangunan adalah tujuan atau manfaat yang diharapkan dari adanya ruang tersebut. Dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu fungsi utama dan fungsi tambahan. Fungsi utama adalah fungsi yang sesuai dengan perencanaan awal dan kebutuhan dasar pengguna bangunan. Fungsi tambahan adalah fungsi yang muncul akibat adanya perubahan kebutuhan, selera, atau gaya hidup pengguna bangunan.

Prinsip-Prinsip Fungsi Ruang

Prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam menentukan fungsi ruang dalam bangunan adalah sebagai berikut:

  • Kesesuaian dengan kebutuhan pengguna
  • Keserasian dengan konsep dan tema arsitektur
  • Keseimbangan antara fungsi dan estetika
  • Keefektifan dan keefisienan dalam penggunaan ruang
  • Keluwesan dan kemudahan dalam perubahan fungsi

Contoh-Contoh Aplikasi Fungsi Ruang

Contoh-contoh aplikasi fungsi ruang dalam bangunan adalah sebagai berikut:

  • Ruang publik: ruang yang digunakan untuk kepentingan umum, seperti ruang tamu, ruang tunggu, lobby, aula, taman kota, dan sebagainya. Ruang publik harus memiliki akses yang mudah, luas, terang, sejuk, dan nyaman.
  • Ruang privat: ruang yang digunakan untuk kepentingan pribadi, seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang kerja, ruang istirahat, dan sebagainya. Ruang privat harus memiliki privasi yang terjaga, aman, tenang, hangat, dan bersih.
  • Ruang servis: ruang yang digunakan untuk mendukung fungsi utama bangunan, seperti dapur, gudang, laundry, toilet, dan sebagainya. Ruang servis harus memiliki fungsi yang optimal, praktis, higienis, dan rapi.
  • Ruang sirkulasi: ruang yang digunakan untuk menghubungkan antara ruang-ruang lainnya, seperti koridor, tangga, lift, eskalator, dan sebagainya. Ruang sirkulasi harus memiliki arah yang jelas, lancar, aman, dan nyaman.

Baca Juga : Prospek Kerja Lulusan Arsitektur

Demikianlah artikel informasi tentang fungsi ruang pada bangunan: pengertian, prinsip, dan contoh aplikasinya yang harus anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang arsitektur. Jika anda memiliki pertanyaan atau saran terkait dengan topik ini, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini.

NEXT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *