Konsep yang Menggabungkan Estetika dan Fungsi

Konsep fungsi

Inspirasi Desain Arsitektur Urban, Konsep yang Menggabungkan Estetika dan Fungsi

Desain arsitektur urban adalah konsep yang menggabungkan estetika dan fungsi dalam menciptakan tata kota yang harmonis, dinamis, dan berkelanjutan. Tidak hanya berfokus pada bentuk dan tampilan bangunan, tetapi juga pada hubungan antara bangunan, ruang publik, transportasi, dan lingkungan. Juga memperhatikan kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di kota.

Pada artikel ini, kita akan memberikan beberapa inspirasi desain arsitektur urban yang dapat dijadikan referensi untuk proyek Anda. Simak ulasan berikut ini!

Inspirasi Desain Arsitektur Urban

Berikut ini adalah beberapa contoh desain arsitektur urban yang menarik dan inovatif dari berbagai negara:

  • Desain Arsitektur Urban di Singapura:

Singapura adalah salah satu negara yang terkenal dengan desain arsitektur urban yang futuristik dan ramah lingkungan. Salah satu contoh desain arsitektur urban di Singapura adalah Gardens by the Bay, yaitu sebuah taman raksasa yang memiliki berbagai fasilitas seperti supertree grove, flower dome, cloud forest, dan lain-lain. Gardens by the Bay memiliki konsep desain yang menggabungkan teknologi canggih, seni, dan alam untuk menciptakan sebuah ruang publik yang indah dan edukatif.

  • Desain Arsitektur Urban di Belanda:

Belanda adalah salah satu negara yang terkenal dengan desain arsitektur urban yang kreatif dan inklusif. Salah satu contoh desain arsitektur urban di Belanda adalah Markthal Rotterdam, yaitu sebuah pasar tradisional yang dibangun di bawah sebuah bangunan apartemen berbentuk lengkung. Markthal Rotterdam memiliki konsep desain yang menggabungkan fungsi komersial, residensial, dan rekreasi dalam satu bangunan. Markthal Rotterdam juga memiliki hiasan dinding dalam berupa mural raksasa yang menggambarkan berbagai produk pasar.

  • Desain Arsitektur Urban di Jepang:

Jepang adalah salah satu negara yang terkenal dengan desain arsitektur urban yang minimalis dan efisien. Salah satu contoh desain arsitektur urban di Jepang adalah Nakagin Capsule Tower, yaitu sebuah gedung apartemen yang terdiri dari 140 unit kapsul yang dapat dipasang dan dilepas sesuai kebutuhan. Nakagin Capsule Tower memiliki konsep desain yang menggabungkan modularitas, mobilitas, dan fleksibilitas dalam menciptakan sebuah ruang hunian yang praktis dan hemat ruang.

Baca Juga: Ubin Tekel dari Berbagai Daerah di Indonesia

Demikianlah beberapa inspirasi desain arsitektur urban yang dapat Anda coba untuk proyek Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat desain arsitektur urban yang menggabungkan estetika dan fungsi.

NEXT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *