Mengapa Pendidikan Pancasila Penting untuk Generasi Muda?

Pancasila adalah dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia yang terdiri dari lima sila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Namun, apakah generasi muda Indonesia saat ini masih memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila? Mengapa penting bagi generasi muda untuk mempelajari dan menghayati Pancasila? Dalam artikel ini, kita akan jelaskan tujuan dan urgensi diberikannya materi Pancasila di setiap tingkat pendidikan untuk generasi muda Indonesia.

Tujuan Diberikannya Materi Pancasila di Setiap Tingkat Pendidikan

Jelaskan tujuan dan urgensi diberikannya materi pancasila di setiap tingkat pendidikan

Tujuan diberikannya materi Pancasila di setiap tingkat pendidikan adalah untuk membentuk karakter dan jati diri bangsa yang sesuai dengan Pancasila. Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Salah satu tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab. Tujuan ini sejalan dengan nilai-nilai Pancasila yang harus ditanamkan sejak dini kepada generasi muda.

Materi Pancasila di setiap tingkat pendidikan juga bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan tentang sejarah, makna, lambang, dan implementasi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan demikian, generasi muda dapat mengenal dan menghargai perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara. Selain itu, generasi muda juga dapat mengetahui dan menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang berdasarkan Pancasila.

Urgensi Diberikannya Materi Pancasila di Setiap Tingkat Pendidikan

Urgensi diberikannya materi Pancasila di setiap tingkat pendidikan adalah untuk menjaga dan mempertahankan eksistensi dan kedaulatan bangsa Indonesia di tengah tantangan global. Di era globalisasi, generasi muda Indonesia harus mampu bersaing dan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, dan komunikasi. Namun, hal ini tidak boleh mengorbankan identitas dan nilai-nilai bangsa yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila harus tetap menjadi landasan moral dan etika bagi generasi muda dalam berinteraksi dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan dunia.

Materi Pancasila di setiap tingkat pendidikan juga penting untuk mencegah dan mengatasi berbagai permasalahan sosial yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Di tengah keragaman suku, agama, ras, dan budaya yang dimiliki Indonesia, Pancasila harus menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang menghormati dan menghargai perbedaan. Pancasila juga harus menjadi penyeimbang dan penengah bagi berbagai kepentingan dan aspirasi yang ada di masyarakat. Dengan demikian, generasi muda dapat menjaga dan memperkokoh nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Jenis-jenis Gotong Royong dan Contohnya

 

Kesimpulan

Pancasila adalah dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia yang harus dipelajari dan diamalkan oleh generasi muda. Tujuannya adalah untuk membentuk karakter dan jati diri bangsa, serta memberikan pemahaman dan penghayatan tentang Pancasila. Urgensinya adalah untuk menjaga dan mempertahankan eksistensi dan kedaulatan bangsa. Selain itu untuk mencegah dan mengatasi permasalahan sosial yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

NEXT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *