Mengenal Lima Hukum Islam: Wajib, Sunnah, Haram, Makruh, dan Mubah

Dalam agama islam, terdapat lima macam hukum islam yang harus diketahui oleh setiap muslim. Hukum islam adalah aturan yang ditetapkan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW untuk mengatur kehidupan manusia di dunia dan akhirat. Hukum islam dibagi menjadi lima kategori, yaitu wajib, sunnah, haram, makruh, dan mubah. Apa saja pengertian dan contoh dari masing-masing hukum islam tersebut? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Wajib

Wajib adalah hukum islam yang mengharuskan seseorang untuk melakukan sesuatu. Jika seseorang melaksanakan hukum wajib, maka ia akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Namun, jika seseorang meninggalkan hukum wajib, maka ia akan mendapatkan dosa dan siksa dari Allah SWT. Contoh dari hukum wajib adalah shalat lima waktu, puasa ramadhan, zakat, haji bagi yang mampu, beriman kepada Allah SWT dan rasul-Nya, dan lain-lain.

Sunnah

Sunnah adalah hukum islam yang menganjurkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Jika seseorang melaksanakan hukum sunnah, maka ia akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Namun, jika seseorang meninggalkan hukum sunnah, maka ia tidak akan mendapatkan dosa atau siksa dari Allah SWT. Contoh dari hukum sunnah adalah shalat sunnah rawatib, puasa senin kamis, sedekah, berbakti kepada orang tua, bersiwak sebelum shalat, dan lain-lain.

Haram

Haram adalah hukum islam yang melarang seseorang untuk melakukan sesuatu. Jika seseorang melaksanakan hukum haram, maka ia akan mendapatkan dosa dan siksa dari Allah SWT. Namun, jika seseorang meninggalkan hukum haram, maka ia akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Contoh dari hukum haram adalah minum khamr (minuman keras), berzina, mencuri, membunuh tanpa hak, berdusta, memakan riba (bunga), bermain judi dan lain-lain.

Makruh

Makruh adalah hukum islam yang tidak menyenangkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Jika seseorang melaksanakan hukum makruh, maka ia tidak akan mendapatkan dosa atau siksa dari Allah SWT. Namun, jika seseorang meninggalkan hukum makruh, maka ia akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Contoh dari hukum makruh adalah merokok , tidur setelah shalat subuh dan ashar,  dan lain-lain.

Baca Juga : Mengenal Arsitektur Masjid Nusantara yang Unik dan Menawan

 

Mubah

Mubah adalah hukum islam yang membolehkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Jika seseorang melaksanakan hukum mubah dengan niat baik dan mengharap ridha Allah SWT, maka ia akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Namun, jika seseorang melaksanakan hukum mubah dengan niat buruk dan mengharap dunia, maka ia tidak akan mendapatkan pahala atau dosa dari Allah SWT. Contoh dari hukum mubah adalah makan, minum, olahraga, berbisnis, bermain, dan lain-lain.

Demikianlah penjelasan tentang lima hukum islam yang harus diketahui oleh setiap muslim. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang agama islam. Amin.

NEXT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *