Surga Tersembunyi di Pacitan Pantai Klayar

Jika Anda mencari tempat wisata pantai yang indah, eksotis, dan menantang, maka Pantai Klayar di Pacitan bisa menjadi pilihan yang tepat. Pantai ini memiliki pesona alam yang luar biasa, dengan pasir putih, air laut biru, ombak besar, dan batu karang yang unik. Di pantai ini juga menyimpan berbagai misteri dan legenda yang menambah daya tariknya.

Pantai Klayar adalah surga tersembunyi di Pacitan yang wajib Anda kunjungi jika Anda suka dengan keindahan alam pantai. Pantai ini akan memberikan Anda pengalaman wisata yang tak terlupakan dan mengesankan. Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keselamatan saat berkunjung ke pantai ini.

 

Lokasi dan Akses

Pantai Klayar terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini berjarak sekitar 33 km dari pusat kota Pacitan, atau sekitar 3 jam perjalanan dari Yogyakarta. Untuk mencapai pantai ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil atau motor di Pacitan. Jalan menuju pantai ini cukup beraspal dan berliku-liku, melewati bukit-bukit dan sawah-sawah yang hijau. Anda juga bisa menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan.

 

Keindahan Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai terindah di Pacitan. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dan luas, dengan pasir putih yang halus dan bersih. Air lautnya berwarna biru dan jernih, namun ombaknya sangat besar dan berbahaya. Oleh karena itu, Anda tidak dianjurkan untuk berenang di pantai ini, melainkan hanya menikmati pemandangan dan suasana pantainya.

 

Keunikan Pantai Klayar

Salah satu keunikan disana adalah batu karangnya yang berbentuk aneh dan menarik. Ada batu karang yang mirip patung Sphinx di Mesir, ada batu karang yang menyerupai monyet raksasa, ada batu karang yang berlubang seperti terowongan, dan masih banyak lagi. Batu karang ini menjadi latar belakang yang cantik untuk berfoto-foto.

Selain itu, ada juga fenomena alam yang disebut seruling samudra. Seruling samudra adalah semburan air laut yang keluar dari lubang batu karang akibat tekanan ombak. Semburan air ini bisa mencapai ketinggian 10 meter dan mengeluarkan suara siulan yang merdu. Seruling samudra ini hanya bisa dilihat saat air laut sedang pasang.

 

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Pantai Klayar sudah cukup terkenal sebagai destinasi wisata, sehingga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Di sekitar pantai, Anda bisa menemukan warung-warung makanan dan minuman, toilet umum, tempat parkir, gazebo-gazebo, penginapan, dan lain-lain. Anda juga bisa menyewa bendi kuda atau ATV untuk berkeliling pantai.

Untuk masuk ke Pantai Klayar, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Tiket ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Anda juga harus membayar biaya retribusi lingkungan sebesar Rp 2.000 per orang.

 

Baca juga :  Wisata Pantai Modern dengan Nuansa Pasir Putih Pantai Midodaren

 

 

 

NEXT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *