Pesona dan Misteri Laut Selatan Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu destinasi wisata terpopuler di Yogyakarta. Pantai ini terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, sekitar 27 km dari pusat kota. Wisata pantai ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dengan pasir hitam, ombak besar, dan tebing karang. Di pantai ini juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi, karena erat kaitannya dengan legenda Ratu Kidul, penguasa laut selatan.

Pantai ini adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke Yogyakarta. Pantai ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan, baik dari segi keindahan alam maupun kekayaan budaya. Namun, jangan lupa untuk menghormati dan menjaga pantai ini agar tetap lestari dan harmonis.

 

Pesona Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis memiliki daya tarik yang beragam bagi para pengunjung. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini, seperti berjalan-jalan di tepi pantai, menikmati sunset yang romantis, naik bendi atau ATV, atau berkunjung ke tempat-tempat menarik di sekitarnya.

Tempat menarik yang bisa dikunjungi di Pantai Parangtritis adalah:

Tebing Gembirawati:

Bukit yang berada di belakang pantai, dari mana kita bisa melihat pemandangan pantai, laut, dan cakrawala. Di sini juga terdapat reruntuhan Candi Gembirawati, sebuah candi kuno yang berada dekat dengan laut.

Pantai Parangkusumo:

Sebuah pantai yang berada di sebelah timur Pantai Parangtritis, yang memiliki pasir putih dan air yang lebih tenang. Di pantai ini terdapat sebuah tempat suci yang disebut Padepokan Ratu Kidul, tempat dimana Sultan Hamengkubuwono I bertemu dengan Ratu Kidul.

Goa Jepang:

Peninggalan yang dibuat oleh tentara Jepang pada masa pendudukan. Goa ini terletak di bawah tebing karang dan memiliki lorong-lorong sempit yang menghubungkan beberapa ruangan.

Museum Gumuk Pasir:

Tempat yang memamerkan berbagai informasi tentang gumuk pasir atau bukit pasir yang ada di sekitar pantai. Museum ini juga menyediakan fasilitas edukasi dan rekreasi bagi pengunjung.

 

Misteri Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis tidak hanya terkenal dengan keindahannya, tetapi juga dengan misterinya. Pantai ini diyakini sebagai gerbang menuju kerajaan gaib Ratu Kidul, yang merupakan mitra kerjasama Keraton Yogyakarta. Ada beberapa larangan atau pantangan yang harus ditaati oleh pengunjung pantai ini, antara lain:

  • Tidak boleh memakai pakaian berwarna hijau, karena warna ini adalah warna kesukaan Ratu Kidul.

 

  • Tidak boleh berenang atau mendekati ombak, karena bisa terseret arus atau digoda oleh makhluk halus.

 

  • Tidak boleh mengambil atau membawa pasir dari pantai, karena bisa menimbulkan kesialan atau malapetaka.

 

  • Tidak boleh menghina atau melecehkan Ratu Kidul atau makhluk laut lainnya, karena bisa mendapat kutukan atau bencana.

 

 

 

 

NEXT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *