Pesona Keindahan Destinasi Wisata Alam Kebun Teh Sirah Kencong yang Menyegarkan di Blitar

Pesona Keindahan Destinasi Wisata Alam Kebun Teh Sirah Kencong yang Menyegarkan di Blitar

Pesona keindahan kebun teh Sirah KencongBlitar adalah salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata menarik, mulai dari situs sejarah, pantai, hingga perkebunan. Salah satu perkebunan yang menjadi favorit para wisatawan adalah kebun teh sirah kencong, yang terletak di desa Ngadirenggo, kecamatan Wlingi, kabupaten Blitar. Kebun teh ini menawarkan pemandangan alam yang indah, sejuk, dan eksotis, dengan hamparan kebun teh yang luas dan hijau, serta perbukitan yang mengelilinginya. Selain itu, kebun teh ini juga memiliki beberapa daya tarik lain yang bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

 

Sejarah Kebun Teh Sirah Kencong

Kebun teh sirah kencong merupakan salah satu perkebunan teh milik PTPN XII, yang berdiri sejak tahun 19102. Nama sirah kencong sendiri berasal dari dua dusun yang berada di sekitar lokasi perkebunan, yaitu dusun Sirah dan dusun Kencong. Awalnya, perkebunan ini hanya memiliki luas lahan sekitar 100 hektar, namun seiring dengan perkembangan zaman dan permintaan pasar, luas lahan bertambah menjadi lebih dari 500 hektar.

Produk unggulan dari kebun teh sirah kencong adalah teh hitam dengan merek KenTea, yang berarti Kencong Tea atau teh dari sirah kencong. Teh hitam ini memiliki bentuk bulir-bulir mirip pelet berwarna hitam, dengan rasa yang unik dan berbeda dengan teh pada umumnya. Sebagian besar produk teh hitam ini diekspor ke kawasan Timur Tengah. Pengunjung bisa membeli produk teh ini di loket masuk sebagai oleh-oleh.

Fasilitas dan Aktivitas di Kebun Teh Sirah Kencong

Kebun teh sirah kencong memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung. Di sini tersedia tempat parkir yang luas, toilet bersih, mushola, warung makan, kios oleh-oleh, gazebo, dan camping ground. Harga tiket masuk ke kebun teh ini juga terjangkau, yaitu Rp 10.000 per orang.

 

Aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di kebun teh Sirang Kencong

Kunjungan pabrik teh:

Pengunjung bisa melihat langsung proses produksi teh dari awal hingga akhir, mulai dari pemetikan daun teh, pengeringan, penggilingan, hingga pengemasan. Kunjungan pabrik teh ini bersifat edukatif dan informatif bagi pengunjung.

Air terjun:

Di dalam kawasan kebun teh terdapat beberapa air terjun yang bisa dikunjungi oleh pengunjung. Salah satunya adalah air terjun Candi Sirah Kencong, yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Air terjun ini memiliki debit air yang cukup deras dan menyegarkan.

Candi Sirah Kencong:

Di dekat air terjun Candi Sirah Kencong terdapat sebuah candi Hindu yang masih berdiri kokoh. Candi ini diperkirakan berasal dari abad ke-14 Masehi. Candi ini memiliki arsitektur khas Jawa Timur dengan hiasan relief bercorak wayang.

Spot foto:

Di sekitar kebun teh terdapat beberapa spot foto yang menarik dan instagramable. Salah satunya adalah gapura raksasa yang berdesain seperti candi bentar ala Bali. Gapura ini menjadi simbol bahwa kebun teh sirah kencong adalah salah satu kawasan wisata yang telah ditetapkan oleh Kementerian ESDM sebagai Warisan Bumi.

Camping ground:

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di kebun teh, tersedia fasilitas camping ground yang bisa disewa. Di sini pengunjung bisa menikmati suasana malam yang tenang dan sejuk di atas bukit, sambil melihat bintang-bintang di langit. Pengunjung juga bisa menyewa tenda dan peralatan camping lainnya di lokasi wisata ini.

 

Cara Menuju Kebun Teh Sirah Kencong

Kebun teh sirah kencong terletak sekitar 30 km dari pusat kota Blitar, atau sekitar 80 km dari kota Malang.

 

Beberapa kendaraan untuk menuju ke kebun teh ini, antara lain:

Kereta api: Dari stasiun Malang Kota Lama atau Malang Kota Baru, pengunjung bisa naik kereta api lokal menuju stasiun Wlingi. Harga tiket kereta api ini cukup murah, yaitu kurang dari Rp 30.000 untuk pulang pergi. Dari stasiun Wlingi, pengunjung bisa naik ojek atau angkot menuju kebun teh sirah kencong.

Mobil atau motor: Dari kota Blitar, pengunjung bisa mengambil jalur Blitar-Wlingi-Kalidawir-Ngadirenggo. Akses jalan menuju kebun teh ini sudah cukup baik dan mudah diakses. Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan lembah padi hijau, peternakan sapi perah, hutan jati, dan hutan pinus.

 

Baca juga:  Pesona Bukit Jowin destinasi wisata yang baru di Tulungagung

 

NEXT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *