Mengenal Rumah Panggung Kalimantan, Arsitektur Unik

Rumah panggung kalimantan

Mengenal Rumah Panggung Kalimantan, Arsitektur Unik yang Menyimpan Nilai Budaya dan Kebersamaan

Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Salah satu kekayaan budaya Kalimantan yang menarik perhatian adalah rumah panggung, yaitu rumah adat yang dibangun di atas tiang-tiang kayu dengan ketinggian tertentu dari permukaan tanah. Rumah panggung Kalimantan memiliki arsitektur unik yang menyimpan nilai budaya dan kebersamaan bagi masyarakatnya. ¹

Pada artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang rumah panggung Kalimantan, mulai dari sejarah, ciri khas, fungsi, hingga makna filosofisnya. Simak ulasan berikut ini!

Sejarah Rumah Panggung Kalimantan

Rumah panggung Kalimantan merupakan warisan budaya yang telah ada sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha. Rumah panggung Kalimantan berasal dari kebiasaan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan dan sungai untuk melindungi diri dari bahaya binatang buas, banjir, atau penyakit. Dengan membangun rumah di atas tiang-tiang kayu, masyarakat dapat merasa lebih aman dan nyaman. ²

Rumah panggung Kalimantan juga dipengaruhi oleh faktor sosial dan budaya masyarakatnya. Masyarakat Kalimantan terdiri dari berbagai suku, seperti Dayak, Banjar, Kutai, Melayu, Bugis, dan lain-lain. Masing-masing suku memiliki ciri khas rumah panggungnya sendiri, baik dari segi bentuk, ukuran, bahan, hingga hiasan. Namun, semua suku memiliki kesamaan dalam hal nilai kebersamaan dan kekeluargaan yang tercermin dalam rumah panggungnya. ³

Ciri Khas Rumah Panggung Kalimantan

Berikut ini adalah beberapa ciri khas rumah panggung Kalimantan yang dapat dilihat dari berbagai aspek:

  • Aspek struktur. Rumah panggung Kalimantan memiliki struktur dasar yang terdiri dari tiang-tiang kayu yang menyangga lantai, dinding, dan atap rumah. Tiang-tiang kayu biasanya memiliki ketinggian antara tiga hingga delapan meter dari permukaan tanah. Lantai rumah biasanya terbuat dari papan kayu atau bambu yang disusun rapat. Dinding rumah biasanya terbuat dari anyaman bambu atau papan kayu tipis yang disebut balok. Atap rumah biasanya terbuat dari daun nipah, daun rumbia, atau ijuk yang disusun rapi.
  • Aspek fungsi. Rumah panggung Kalimantan memiliki fungsi sebagai tempat tinggal sekaligus sebagai tempat berkumpul dan bermusyawarah bagi masyarakatnya. Rumah Kalimantan biasanya memiliki ruang utama yang disebut ruang tengah atau ruang tamu yang digunakan untuk menerima tamu atau mengadakan acara-acara adat. Rumah Kalimantan juga memiliki ruang-ruang lain seperti ruang tidur, ruang dapur, ruang mandi, ruang penyimpanan, dan ruang kerja.
  • Aspek estetika. Rumah panggung Kalimantan memiliki estetika yang menarik dan khas dengan warna dan motif yang beragam. Rumah Kalimantan biasanya dicat dengan warna-warna cerah seperti merah, kuning, hijau, atau biru untuk memberikan kesan ceria dan dinamis. Rumah panggung Kalimantan juga dihiasi dengan ukiran-ukiran kayu atau logam yang menggambarkan flora, fauna, atau geometri yang khas Kalimantan.

Makna Filosofis Rumah Panggung Kalimantan

Selain memiliki ciri khas fisik, rumah panggung Kalimantan juga memiliki makna filosofis yang mendalam bagi masyarakatnya. Berikut ini adalah beberapa makna filosofis rumah Kalimantan yang dapat dipahami dari berbagai simbol:

  • Tiang-tiang kayu melambangkan kekuatan dan keteguhan dalam menghadapi segala tantangan hidup. Tiang-tiang kayu juga melambangkan hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Lantai rumah melambangkan kehidupan duniawi yang harus dijalani dengan penuh tanggung jawab dan kewajiban. Lantai rumah juga melambangkan hubungan horizontal antara manusia dengan sesama manusia dan alam.
  • Dinding rumah melambangkan batas-batas yang harus dihormati dan dijaga dalam berinteraksi dengan orang lain. Dinding rumah juga melambangkan perlindungan dari hal-hal negatif yang dapat mengganggu kesejahteraan.
  • Atap rumah melambangkan harapan dan cita-cita yang harus dicapai dengan usaha dan doa. Atap rumah juga melambangkan perlindungan dari hal-hal buruk yang dapat menimpa diri dan keluarga.

Baca Juga: Inspirasi Desain Arsitektural yang Menggunakan Balok sebagai Elemen Estetika dan Fungsional

Demikianlah pengenalan tentang rumah panggung Kalimantan, arsitektur unik yang menyimpan nilai budaya dan kebersamaan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang warisan budaya Kalimantan yang satu ini

NEXT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *