Sony Xperia 1 V Smartphone Flagship dengan Layar 4K dan Kamera Exmor T Spesifikasi yang sangat menarik

Sony Xperia 1 V adalah smartphone flagship terbaru dari Sony yang diluncurkan pada Mei 2023. Smartphone ini menawarkan spesifikasi mumpuni, seperti layar OLED 6,5 inci dengan resolusi 4K, chipset Snapdragon 8 Gen 2, RAM 12 GB, dan baterai 5000 mAh. Selain itu, smartphone ini juga memiliki fitur unggulan di bidang fotografi, yaitu kamera belakang dengan sensor Exmor T yang diklaim mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi di kondisi minim cahaya.

 

Layar

Salah satu daya tarik dari Sony Xperia 1 V adalah layarnya yang memiliki resolusi 4K (1644 x 3840 piksel) dengan rasio aspek 21:9. Layar ini menggunakan panel OLED yang mampu menampilkan warna-warna cerah dan kontras dengan dukungan HDR BT.2020. Ponsel ini juga memiliki layar dengan refresh rate 120 Hz yang membuat tampilan lebih halus dan responsif. Layar Sony Xperia 1 V sudah dilindungi oleh kaca Gorilla Glass Victus 2 yang tahan gores dan benturan. Di bagian atas layar, terdapat sebuah lubang kecil yang menampung kamera depan beresolusi 12 MP.

 

Peforma

Untuk mendukung kinerja layar 4K, Sony Xperia 1 V ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang merupakan chipset kelas atas dari Qualcomm. Chipset ini dibuat dengan proses fabrikasi 4 nm yang membuatnya hemat daya dan efisien. Chipset ini memiliki CPU octa-core dengan kecepatan maksimal 3,2 GHz dan GPU Adreno 740 yang mampu menjalankan game-game berat dengan lancar. Prosesor ini juga mendukung konektivitas jaringan 5G yang menjanjikan kecepatan internet lebih cepat dan stabil.

 

Penyimpanan

Untuk mendukung multitasking, Sony Xperia 1 V dilengkapi dengan RAM sebesar 12 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB atau 512 GB. Jika masih kurang, smartphone ini juga memiliki slot microSD yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan.

 

Kamera

Sony Xperia 1 V memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama beresolusi 48 MP, kamera ultrawide beresolusi 12 MP, dan kamera telefoto beresolusi 12 MP. Kamera utama menggunakan sensor Exmor T yang merupakan sensor baru dari Sony yang memiliki ukuran lebih besar (1/1.35 inci) dibandingkan sensor Exmor RS yang digunakan pada Sony Xperia 1 IV. Sensor ini diklaim mampu menangkap cahaya dua kali lebih banyak di kondisi minim cahaya,sehingga menghasilkan foto yang lebih detail dan jernih.

Kamera telefoto memiliki lensa variable zoom yang bisa beralih antara jarak fokus 85mm (zoom optis 3,5x)dan 125mm (zoom optis 5,2x). Lensa ini juga dilengkapi dengan fitur optical image stabilization (OIS) yang membantu mengurangi getaran saat memotret objek jauh. Kamera ultrawide memiliki sudut pandang sebesar 124 derajat yang bisa menangkap pemandangan lebih luas.

Semua kamera belakang menggunakan lensa Zeiss dengan lapisan Zeiss T* yang membantu mengurangi pantulan cahaya dan meningkatkan ketajaman gambar. Kamera belakang ponsel ini juga mendukung fitur eye tracking yang bisa mengenali mata manusia atau hewan dan memfokuskan secara otomatis. Selain itu, kamera belakang juga bisa merekam video dengan resolusi hingga 4K dan frame rate hingga 120 fps.

 

Baterai

Sony Xperia One Mark Five dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yaitu sebesar 5000 mAh. Baterai ini diklaim bisa bertahan hingga satu hari pemakaian normal atau hingga lima jam pemakaian intensif seperti bermain game. Baterai ini juga mendukung fitur pengisian cepat 30 watt yang bisa mengisi daya hingga 50 persen dalam waktu 30 menit. Smartphone ini juga mendukung fitur wirelesscharging dan reverse wireless charging yang bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain secara nirkabel.

 

Fitur Lainnya

Sony Xperia 1 V memiliki fitur-fitur lain yang menambah nilai lebih dari smartphone ini, seperti:

  • Sertifikat ketahanan air dan debu dengan rating IP68 yang membuatnya tahan terhadap cipratan atau rendaman air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.
  • Stereo speaker dengan teknologi Dolby Atmos yang menghasilkan suara yang jernih dan menggelegar.
  • Audio jack 3,5 mm yang masih jarang ditemukan pada smartphone kelas atas saat ini.
  • Native Sony Alpha camera support yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone ini dengan kamera Sony Alpha dan menggunakannya sebagai monitor atau remote control.

 

Harga dan Ketersediaan

Sony Xperia 1 V hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, platinum silver, dan khaki green. Smartphone ini dibanderol dengan harga sebesar 1.399 euro atau sekitar Rp 22,5 juta. Smartphone ini sudah tersedia di beberapa negara seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa. Untuk ketersediaan di Indonesia, belum ada informasi resmi dari Sony.

 

Baca juga: Samsung Galaxy S23 FE Smartphone 5G dengan Kamera 50 MP dan Layar 120 Hz Spesifikasi dan harga

 

NEXT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *