Tren Arsitektur Interior di Tahun 2023: Apa Saja yang Harus Anda Ketahui? Inilah 7 Gaya Desain Interior yang Akan Mendominasi di Tahun Depan

desain interior

Desain interior adalah salah satu aspek penting dalam arsitektur. Tidak hanya berfungsi untuk mempercantik tampilan ruang, tetapi juga untuk menciptakan suasana, fungsi, dan kenyamanan bagi penghuni ruang. Desain interior juga selalu berkembang seiring dengan perkembangan zaman, gaya hidup, dan kebutuhan manusia.

Apakah Anda sudah siap untuk menghadapi tahun baru dengan suasana baru? Jika Anda ingin merenovasi atau mendekorasi ulang ruang Anda, maka Anda perlu mengetahui tren arsitektur interior di tahun 2023. Tren arsitektur interior di tahun 2023 akan mencerminkan gaya hidup pasca pandemi, kesadaran lingkungan, dan keinginan akan kesejahteraan.

Berikut adalah 7 gaya desain interior yang diprediksi akan menjadi tren arsitektur interior di tahun 2023.

1. Minimalis Modern

Desain interior minimalis modern tidak akan pernah lekang oleh waktu. Gaya ini akan tetap menjadi tren arsitektur interior di tahun 2023 karena sesuai dengan gaya hidup urban yang praktis, efisien, dan elegan. Gaya minimalis modern mengutamakan kesederhanaan, kebersihan, dan kefungsian dalam desain interior. Menggunakan warna-warna netral, bentuk-bentuk geometris, material-material ringan, dan pencahayaan alami atau buatan yang optimal.

Gaya minimalis modern cocok untuk Anda yang ingin memiliki ruang yang luas, rapi, dan nyaman tanpa banyak hiasan atau ornamen yang mengganggu. Juga cocok untuk Anda yang ingin menghemat biaya dan energi dalam merawat ruang Anda.

2. Natural

Gaya desain interior natural akan semakin populer di tahun 2023 karena mencerminkan kesadaran lingkungan dan keinginan akan kesehatan dan kesejahteraan. Gaya ini menggunakan material-material alami, seperti kayu, batu, rotan, bambu, linen, kapas, dan lain-lain. Menggunakan warna-warna alami, seperti hijau, cokelat, krem, putih, dan lain-lain. Juga menambahkan tanaman-tanaman hias sebagai elemen dekorasi dan penyaring udara.

Gaya desain interior natural cocok untuk Anda yang ingin memiliki ruang yang hangat, nyaman, dan menyatu dengan alam. Cocok untuk Anda yang ingin mendukung gerakan ramah lingkungan dan mengurangi jejak karbon Anda.

3. Geometris

Gaya desain interior geometris akan kembali menjadi tren arsitektur interior di tahun 2023 karena menampilkan cetakan grafis yang menarik dan dinamis. Desain ini menggunakan pola-pola geometris, seperti segitiga, persegi, lingkaran, heksagon, dan lain-lain pada dinding, lantai, furnitur, karpet, bantal, atau aksesori lainnya. Desain ini juga menggunakan warna-warna cerah atau kontras untuk menciptakan efek visual yang memikat.

Gaya desain interior geometris cocok untuk Anda yang ingin memiliki ruang yang ceria, modern, dan kreatif. Gaya ini juga cocok untuk Anda yang ingin mengekspresikan kepribadian Anda yang berani dan unik.

4. Gotik

Gaya desain interior gotik akan menarik perhatian banyak orang di tahun 2023 karena menampilkan warna-warna gelap yang elegan dan dramatis. Menggunakan warna-warna seperti hitam, abu-abu, ungu, merah, atau biru tua pada dinding, furnitur, karpet, tirai, atau aksesori lainnya. Gaya ini juga menggunakan material-material seperti besi, logam, kaca, atau kulit untuk memberikan kesan mewah dan kokoh.

Gaya desain interior gotik cocok untuk Anda yang ingin memiliki ruang yang misterius, romantis, dan berkelas. Desain ini juga cocok untuk Anda yang ingin menampilkan sisi gelap Anda yang menawan.

5. Sleek

Gaya sleek akan menjadi tren arsitektur interior di tahun 2023 karena menampilkan garis-garis lurus dan halus yang simpel dan fungsional. Biasanya digunakan pada area dapur atau kamar mandi. Gaya ini menggunakan kabinet-kabinet berwarna putih atau hitam yang rapi dan minimalis. Ini juga menggunakan material-material seperti stainless steel, kaca, atau keramik untuk memberikan kesan bersih dan canggih.

Gaya desain interior sleek cocok untuk Anda yang ingin memiliki ruang yang efisien, higienis, dan futuristik. Desain ini juga cocok untuk Anda yang ingin menghemat ruang dan menghindari kekacauan.

6. Pastel

Gaya  pastel akan semakin digemari di tahun 2023 karena menampilkan warna-warna lembut yang cantik dan menenangkan. Ini menggunakan warna-warna seperti pink, biru muda, kuning, hijau muda, atau lavender pada dinding, furnitur, karpet, bantal, atau aksesori lainnya. Ini juga menggunakan material-material seperti kayu, kain, atau wol untuk memberikan kesan cozy dan homey.

Gaya desain interior pastel cocok untuk Anda yang ingin memiliki ruang yang feminin, manis, dan romantis. Cocok untuk Anda yang ingin menciptakan suasana santai dan nyaman di rumah Anda.

7. Biofilia

Gaya desain interior biofilia adalah gaya yang mencintai alam dan mencoba untuk mendekatkan diri dengan alam sebanyak mungkin. Akan menjadi tren arsitektur interior di tahun 2023 karena mencerminkan gaya hidup pasca pandemi yang menghargai alam dan kesehatan. Menggunakan elemen-elemen alam seperti batu, kayu, air, api, tanah, atau udara dalam desain interior. Ini juga menggunakan banyak tanaman hias sebagai elemen dekorasi dan penyaring udara.

Gaya desain interior biofilia cocok untuk Anda yang ingin memiliki ruang yang sehat, segar, dan hidup. Gaya ini juga cocok untuk Anda yang ingin merasakan kedamaian dan keseimbangan dengan alam.

Baca Juga : Elemen Perancangan Kota dan Pengaruhnya terhadap Kualitas Ruang Kota: Studi Kasus Jalan Jendral Sudirman Kota Salatiga

Kesimpulan

Tren arsitektur interior di tahun 2023 akan mencerminkan gaya hidup pasca pandemi, kesadaran lingkungan, dan keinginan akan kesejahteraan. Anda bisa memilih salah satu dari 7 gaya desain interior yang diprediksi akan menjadi tren arsitektur interior di tahun 2023 sesuai dengan selera, kebutuhan, dan anggaran Anda. Namun, yang terpenting adalah Anda harus merasa nyaman dan bahagia dengan ruang Anda.

NEXT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *